Halo Sobat Filemagz! Siapa yang di sini suka banget main games? Kebetulan mimin juga suka main games, nih. Tapi, kamu tau ga sih, kira-kira apa sih sejarah dari game itu sendiri? Lalu game pertama di dunia itu apa, ya? Nah, untuk mengetahui rasa penasaran tersebut. Kali ini, Filemagz akan membahas asal-usul dari game. Yuk, simak artikel berikut ini!
Asal-Usul Game
Sejarah video game dimulai dengan perang dunia kedua pada sekitar tahun 1940-an, video game pertama kali diperkenalkan dalam sebuah pameran dunia. Edward U. Condon merancang komputer yang bisa memainkan permainan tradisional bernama Nim. Dalam permainan Nim, pemain harus berusaha menghindari mengambil batang terakhir, tetapi komputer memenangkan sekitar 90 persen dari permainan tersebut. Pada tahun 1952, seorang profesor Inggris bernama A.S. Douglas menciptakan video game yang disebut OXO sebagai bagian dari disertasinya di University of Cambridge. OXO mirip dengan permainan tictactoe dan menekankan interaksi antara manusia dan komputer.
Selama tahun 1955, akibat situasi perang yang berlangsung, game perang mulai bermunculan. Bahkan militer Amerika Serikat ikut merancang permainan bernama Huspitel. Huspitel adalah permainan di mana pemain merah melawan pemain biru, mewakili tentara NATO dan Uni Soviet dalam permainan tersebut.
Perkembangan Games
Pada tahun 1957, William Highbotham menciptakan sebuah video game yang diberi nama “Tennis for Two” di sebuah komputer analog besar yang terhubung ke layar osiloskop. Permainan ini dikembangkan khusus untuk acara tahunan pengunjung di Brookhaven National Laboratory di Upton, New York. “Tennis for Two” berhasil menarik perhatian pengunjung acara tersebut dan mendapatkan dukungan dari masyarakat. Keberhasilan permainan ini memberikan manfaat bagi para programmer dalam memahami konsep komputer, karena mereka bisa belajar sambil bermain.
Pada tahun 1960-an, sekelompok mahasiswa dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), termasuk Steve Russell, mengembangkan permainan inovatif sebagai hasil dari pengaruh positif “Tennis for Two”. Mereka menciptakan permainan duel antara dua pesawat luar angkasa yang dinamakan “Spacewar”, terinspirasi oleh novel fiksi ilmiah tentang perjalanan luar angkasa. “Spacewar” menjadi populer di kalangan mahasiswa MIT dan universitas lain yang memiliki program pemrograman komputer. Sayangnya, pada saat itu akses ke komputer tidak mudah, sehingga “Spacewar” tidak dirilis secara luas kepada masyarakat.
Menjadi Sumber Penghasilan
Seperti yang diketahui, permainan video yang awalnya hanya digunakan sebagai alat hiburan kini telah bertransformasi menjadi sumber penghasilan yang signifikan. Banyak potensi dalam segi finansial yang dapat dieksplorasi dalam dunia permainan video. Misalnya, perkembangan olahraga elektronik atau e-sports telah membuka peluang baru dalam menghasilkan pendapatan. Selain itu, konten kreator juga dapat memanfaatkan platform ini untuk menghasilkan pendapatan.
Sebagai individu yang hidup di era modern, kita memiliki kesempatan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi seperti permainan video yang terus berkembang. Penting untuk berani mencoba hal-hal baru, karena teknologi akan terus bergerak maju dan memberikan peluang-peluang baru.
Gimana sobat Filemagz yang gamer, sudah tau kan sejarahnya? Nah, coba dong sebutkan game favorite kalian di kolom komentar! Kalo mimin sih, suka main “minesweeper”. Jangan lupa follow Filemagz dan Filetechno yaa!